Selamat Berbelanja Online

Cara Membuat Kolam Ikan Terpal


Cara Membuat Kolam Ikan Terpal

Fleksibel dan efisien adalah salah satu alasan banyaknya pembudidaya ikan air tawar menggunakan kolam terpal sebagai wadah budidayanya. Mengapa dikatakan fleksibel? Kolam terpal berbeda dengan kolam permanen atau kolam yang menggunakan tembok, karena kolam terpal dapat dibangun dimana saja, serta yang membuat kolam terpal sangat fleksibel karena kolam terpal dapat dengan mudah dibongkar-pasang. Dikatakan efisien karena untuk membuat suatu kolam terpal tidak membutuhkan banyak biaya, hanya cukup membeli terpal, bambu atau kayu sebagai penyangganya, dan perlengkapan lainnya. Berbeda dengan pembuatan kolam permanen yang boleh dikatakan membutuhkan biaya lebih, apalagi saat ini harga semen sebagai bahan baku utama terus melonjak tajam.
Kolam ikan terpal menjadi populer sekarang sejak semakin minimnya jumlah lahan yang bisa digunakan untuk membuat kolam ikan secara permanen. terutama bagi para peternak ikan yang menggunakan sistem sewa lahan untuk mengembang biakkan ikannya. Ada banyak jenis ikan yang bisa dibudidayakan-nya dengan menggunakan kolam ikan terpal. Diantaranya lele yang sedang naik daun saat ini.
Berikut ini adalah cara memmbuat kolam ikan terpal yang diambil dari sumber: "Budidaya Ikan di Kolam Terpal" karangan Cahyo Saparinto

1. Siapkan bambu yang akan digunakan. Kemudian pasang bambu - bambu tersebut dengan model dan bentul seperti gambar di bawah ini. Kolam terpal sendiri bisa dibuat dalam ukuran 2 x 3 x 1 meter, 4 x 5 x 1 meter, atau 4 x 8 x 1 meter.

2. Pasang terpal yang telah dilubangi bagian tepinya dan diberi ring logam supaya tidak gampang robek. Kemudian ikat terpal pada kerangka bambu. Kebutuhan terpal untuk masing - masing ukuran kolam adalah sebagai berikut:
kolam ukuran 2 x 3 x 1 meter membutuhkan luas terpal 4 x 5 meter
kolam ukuran 4 x 5 x 1 meter membutuhkan luas terpal 6 x 7 meter

3. Langkah terakhir adalah memasang pipa atau selang untuk saluran pembuangan air apabila kolam kelebihan air.

Meski hanya berbahan terpal (plastik) tapi kekuatan kolam terpal sudah teruji, dan tak berlebihan jika dikatakan awet, karena kolam terpal sendiri mampu bertahan 1 – 2 tahun, tergantung kualitas bahan dan perawatan kolam sendiri. Hal yang merusak kolam biasanya karena terpapar matahari, sehingga terpal menjadi rapu, jika kolam tergenang air maka bisa bertahan lama. Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah gangguan serangga seperti semut merah dan lain sebagainya yang biasanya menggerogoti terpal pada bagian dasar kolam.


Beranda

1 komentar:

Entri Populer

NOTON TV ONLINE

Ikuti lewat email

INFO OLAHRAGA

 

PESAN.com

Product

Total Pageviews